Gejala Sembelit (Sudah Buang Air Besar)

Sembelit sangat umum dijumpai, ini terjadi bila anda mengalami kesulitan buang air besar secara normal. Tinjanya biasanya keras dan kegiatan buang air besar bisa menyakitkan dan jarang-jarang. Bahkan ada yang mencret karena isi perutnya belum keluar semua sehingga sering mengotori celananya. Gejala sembelit biasanya ditandai dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang berkurang disertai dengan keluarnya tinja yang keras, besar, dan rasa nyeri saat BAB.ws      

Tidak buang air besar setiap jari tidak berarti sembelit. Sembelit biasanya disertai oleh simtom-simtom yang lain, seperti kesakitan ketika buang air besar, perutnya sakit atau tinjanya berdarah.

Gejala umum dari sembelit yang sering kali terjadi adalah :

  1. Perut terasa begah seperti kekenyangan, penuh dan terasa kaku.
  2. Tubuh menjadi segar, merasa lesu, cepat lelah dan terasa berat hingga menimbulkan rasa malas untuk mengerjakan sesuatu.
  3. Jantung sering berdebar-debar yang dapat memunculkan emosi yang dapat mengakibatkan sakit kepala atau semam.
  4. Timbul rasa mulas dan sakit pada bagian perut yang terkdang pada sebagian orang dapat menyebabkan sesak napas dan keringat yang bercucuran.
  5. Warna feses yang menjadi gelap, lebih keras dan lebih panas dari biasanya. Namun feses yang dikeluarkan lebih sedikit dari biasanya.
  6. Ketika feses hendak dikeluarkan, terkadang sampai harus mengeluarkan keringat dingin, terkadang juga harus sampai mengejan atau negeden hingga menekan perut agar feses lebih cepat keluar. Namun cara ini dapat mengakibatkan terjadinya ambeien atau wasir.
  7. Terdengar suara dalam perut seperti “kriuk-kriuk”.
  8. Terkadang anus terasa penuh, seperti ada penekanan hingga menimbulkan rasa sakit pada perut yang dapat mengakibatkan terjadinya gejala penyakit wasir atau ambeien.
  9. Sering buang angin atau kentut yang menimbulkan bau gas tidak enak dari biasanya.
  10. Waktu buang air besar yang semakin sering terjadi mungkin biasanya hanya 1 kali dalam sehari, namun karena adanya gejala sembelit membuat sering buang air besar menjadi 3 kali sehari.

Dibawah ini adalah trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala sembelit:

  • Setelah bangun tidur, minum segelas air jeruk hangat.
  • Minum air 8-10 gelas sehari.
  • Perbanyak konsumsi serat dengan makan buah-buahan dan sayuran.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Sembelit and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>