Mengobati Konstipasi

Mengobati konstipasi dengan cara makan-makanan dengan cukup kandungan serat dan minum cukup banyak cairan adalah kunci dalam mengobati konstipasi. Dengan minum cukup banyak dan makanan berserat akan membantu pergerakan stool dan membuat stool melalui usus halus dengan meningkatkan sampah pada stool dan membuat stool menjadi lebih lunak. Peningkatan aktifitas fisik juga akan membantu dalam mengatasi sembelit.

Konsultasikan dengan dokter jika terjadi hal-hal dibawah ini :

  • Baru mengalami konstipasi dan tidak biasanya mengalami sembelit.
  • Konstipasi terjadi selama 3 minggu atau lebih meskipun sudah menjalani pengobatan dirumah seperti perubahan diet, peningkatan aktifitas, minujm cukup air, dan lain sebagainya.
  • Terjadinya nyeri perut
  • Terdapat darah dalam stool
  • Anda kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas.

Beberapa tips pencegahan konstipasi :

  1. Jangan mengabaikan atau menahan keinginan anda untuk buang air besar.
  2. Sisihkan waktu untuk buang air besar. Waktu yang baik mungkin setelah sarapan pagi atau waktu lain.
  3. Makanlah lebih banyak makanan berserat seperti sayur sayuran, dan buah-buahan.
  4. Minumlah cukup banyak cairan, 8 gelas air perhari sudah baik. Yang termasuk cairan adalah : air, jus, sop, teh dan minuman lainnya.
  5. Jangan mengonsumsi obat pencahar (laxatives) terlalu sering. Penggunaan laxatives secara berlebihan bisa merusak tinja dan bisa membuat konstipasi yang terjadi semakin parah.
  6. Sering berolahraga atau beraktifitas
  7. Batasi makanan yang tinggi lemak dan gula (seperti yang manis-manis, keju, makan-makanan yang diolah). Makanan-makanan tersebut bisa menimbulkan konstipasi atau sembelit.

Sebaiknya kita makan makanan yang cukup dengan serat. Dianjurkan sedikitnya 2 gelas atau 2 setengah gelas sayuran setiap hari. Disarankan pada laki-laki/pria usia 50 tahun atau lebih muda agar mengonsumsi sedikitnya 38 gram serat setiap harinya. Sementara itu, pada wanita dengan usia 50 tahun atau lebih muda sebaiknya mengonsumsi makanan serat sedikitnya 25 gram sehari. Tambahan ekstra serat pada diet anda dengan memakan biji-bijian yang mengandung dedak (kulit padi) juga dapat membantu.

Apabila anda menambahkan serat pada diet anda, mulailah secara perlahan dan bertingkat dalam menambahkan jumlah seratnya. Hal ini akan membantu dalam mengurangi jumlah gas (kentut yang dusahilkan atau untuk mengurangi kembung karena jumlah gas yang banyak dihasilkan dan juga membantu mengobati konstipasi. Pastikan juga diri anda minum cukup banyak air.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *