Obat tradisional Sembelit

Sembelit sebenarnya bukan penyakit, hanya merupakan gejala dari adanya penyakit. Sembelit bisa terjadi karena disebabkan kebanyakan duduk, kurang bergerak, kurang mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan. banyak terdapat obat sembelit.

Penyakit sembelit sering disebut sulit buang air besar yang disebabkan oleh mengerasnya kotoran. Mengerasnya kotoran pada usus besar terjadi karena menyusutnya pori-pori pada usus besar.

Penyebab menyempitnya pori-pori pada usus besar adalah :

  • Sering minum air es yang membuat pembuluh kailer menyempit.
  • Makanan yang tawar sehingga tidak ada rangsangan.
  • Makan makanan instan dan berpengawet.
  • Kurang minum air putih hangat.
  • Kurang makan buah-buahan terutama pisang ambon.

Imbangi dengan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah agar penyakit sembelit bisa dihindari. Perhatikan juga pola buang air besar (BAB) anak, jika suka mengejan ketika BAB, kotorannya keras dan tenggelam dalam air, BAB lebih dari dua menit dan tidak rutin (minimal sehari sekali) maka bisa diindikasikan anak tersebut kurang asupan serat. Tambahkan konsumsi buah dan sayuran pada menu anak agar BAB kembali lancar.

Berikut obat tradisional yang mengatasi sembelit, diantaranya adalah :

 

  1. Umbi Jalar
    Siapkan daun umbi jalar sebanyak 60 gram lalu direbus dengan air secuukupnya lalu airnya diminum selagi hangat dan daunnya dapat dimakan.
  2. Daun Alamanda Ambil 30 gram daun alamanda lalu rebus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan tersebut diminum selagi hangat.
  3.  Buah Pepaya
    Makan buah pepaya matang 150 gram secara teratur 2 kali sehari.
  4. Lidah Buaya
    Siapkan 100 gram daun lidah buaya dan kupas lalu diiris-iris kecil, direbus dengan 200 ml air hingga mendidih, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minun hangat hangat dan makan daging lidah buayanya . Lakukan 2 kali sehari.
  5. Kangkung dan Umbi Jalar
    Siapkan 60 gram daun umbi jalar dan 60 gram kangkung cuci bersih, lalu tumis atau rebus dengan air secukupnya.
  6. Nanas
    Cara pertama, cuci buah nanas yang telah di kupas kulitnya, lalu parut. Peraslah dan ambil perasan air nanas tersebut. Minum setengah gelas 2 kali sehari
  7. Temulawak
    Cuci 1 rimpang temulawak, diparut lalu diperas. Perasan air tersebut diberi sedikit asam jawa dan gula aren. Aduk campuran semua bahan dan saring. Minum sekali sehari.
  8. Ngokilo
    Cuci 1/2 genggam daun ngokilo. Rebus daun ngokilo dengan diberi 2 gelas air sampai air tinggal setengah. Air rebusan daun ngokilo ini diminum sekaligus sekali sehari.
  9. TomatAmbil tomat matang, lalu jus buah tersebut.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Obat tradisioanal Sembelit and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>