Sembelit Pada Anak

Sembelit pada anak bisa saja terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya kurang makan buah, sayur dan minum air, atau terlalu banyak makan yang berlemak.

Berikut ini beberapa tips untuk meredakan sembelit pada si kecil :

  • pastikan si kecil mengonsumsi sayuran
  • beri banyak minum air putih dan jus buah encer
  • perbanyak asupan buah dalam menu hariannya
  • jika si kecil belum terbiasa ke toilet, sekali ini dibiarkan dia buang air besar (BAB) di celana. Memaksanya ke toilet akan membuatnya semakin tertekan, dan menahan BAB-nya.
  • pijat perutnya dengan lembut. Sebelumnya olesi dengan baby oil, minyak telon, atau minyak kayu putih. Pijatan yang lembut akan membantunya mengurangi rasa sakit.
  • jika si kecil sudah mulai makan makanan tambahan, beri dia bubur buah.

Sembelit pada anak ada kaitannya dengan sifat tinja. Apabila tinja konsistensinya berisfat lebih keras, dan lebih liat pula, umunya lebih sukar dikeluarkan dibanding apabila tinja anak bersifat normal, yakni yang sedikit lembek, dan mungkin agak encer.

Sedangkan sembelit pada bayi, baru dikatakan seorang bayi mengalami sembelit jika lebih dari dua hari tidak buang air besar. Normal bayi uang air besar satu sampai dua kali dalam sehari. Masih dinilai normal bila buang air besarnya 36 jam-48 jam sekali. Selama konsistensi tinjanya normal, baru buang air besar setelah 48 jam tidak bermasalah.

Salah satu penyebab sembelit pada bayi memang lantaran sifat tinjanya yang lebih keras dan lebih liat dari normal. Pada bayi yang baru lahir, sembelit lebih karena faktor susu. Bayi yang diberikan ASI pada umumnya tidak bermasalah dengan buang air besarnya, Kasus sembelit jarang dijumpai pada bayi yang mendapatkan ASI.

Sembelit pada anak bisa diatasi dengan mengimbangi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah agar penyakit sembelit bisa dihindari. Perhatikan juga pola buang air besar anak, jika suka mengejan ketika buang air besar, kotorannya keras dan tenggelam dalam air, BAB lebih dari 2 menit dan tidak teratur maka bisa diindikasikan anak tersebut kurang asupan serat dalam makanan maupun minumannya. Tambahkan konsumsi sayur dan buah pada menu anak agar BAB kembali lancar.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>